Tips dan Cara Menggunakan Windows Safe Mode untuk Troubleshooting

Enable Safe Mode pada Windows 10

Enable Safe Mode pada Windows 10

Komputer Terbaru – Pernah mengalami masalah pada laptop atau PC, yang sepertinya berat sekali? Misalnya saja PC yang tiba-tiba freeze, lag, atau hang di sebuah program?Jangan terburu-buru panik dulu karena sebenarnya masalah-masalah tersebut bisa diatasi dengan beberapa cara. Yang salah satunya dengan menggunakan Safe Mode. Ya, Safe Mode rupanya bisa juga berguna untuk mengatasi masalah bandarq seperti ini.

Salah satu langkah untuk mendapatkan asal mula dari masalahnya, bisa dengan mengawali membuka OS melalui Safe Mode. Safe Mode ini yang akan meluncurkan Windows dengan cara yang “clean”, dengan cara menghindari driver dan fitur lain untuk berjalan.

Jika Windows bekerja dengan baik-baik saja ketika masuk ke dalam Safe Mode, kebanyakan artinya kesalahannya terdapat pada driver, servis, atau item spesifik lain yang gagal dimuat oleh Windows dalam prosesnya. Lain lagi bila mislanya kamu tak bisa masuk ke dalam Safe Mode di Windows maka berarti terdapat masalah lain, mungkin juga karena kamu sering membuka website streaming film semi. Karena itu, langkah-langkah yang ditawarkan di sini, kami menganggap kamu setidaknya dapat boot masuk ke dalam Windows dan membuka fitur Safe Mode.

1. Di kolom pencarian, ketik perintah msconfig. Di bagian atas hasil pencarian, klik pada entri untuk System Configuration.

2. Windows untuk System Configuration muncul. Setelan kamu untuk sementara ini barangkali masih dalam mode Startup Normal atau Startup Selektif. Klik pada pilihan ke-2 untuk startup Diagnostik, yang cuma memuat driver dan fasilitas dasar. Klik OK dan reboot Windows.

3. Setelah Windows restart, coba untuk mereproduksi persoalan yang dialami. Untuk tahu mungkin atau tidaknya persoalan telah hilang, kamu tetap perlu melakukan pengujian lebih lanjut untuk mencoba menemukan akar masalahnya. Buka tool System Configuration lagi dan klik pada tab Boot dan kotak centang untuk Safe boot.

4. Kemudian coba pilihan yang berbeda, seperti Minimal, Alternate shell, dan network, reboot bersama dengan tiap-tiap pilihan. Dengan tiap tiap reboot, coba untuk mereproduksi persoalan asli. Jika masalahnya hilang setelah memilih satu dari pilihan tersebut, coba booting ke mode Normal dan lihat apakah masalahnya sangat hilang.

5. Jika tidak, beralihlah ke salah satu opsi lainnya. Kamu juga bisa mengklik tiap-tiap isyarat centang yang berlainan dan tersedia boot GUI, Boot log, Base video, informasi boot OS. Reboot PC bersama dengan tiap tiap pilihan yang di cek satu per satu dan lihat apakah masalahnya hilang atau tetap ada.

6. Selain itu juga bisa memeriksa tab Services. Mungkin tersedia banyak fasilitas yang dicantumkan di sini, namun kamu dapat mengklik atau menonaktifkan isyarat centang untuk tiap tiap feature satu per satu dan lihat apakah masalahnya terkait salah satu feature ini.

7. Pada titik ini, kecuali kamu dapat mencoba mencari masalahnya pada driver atau feature tertentu, kamu dapat menggerakkan pencarian Google atau Bing untuk item itu untuk lihat apakah orang lain hadapi persoalan dengannya dan bagaimana mereka barangkali telah merampungkan persoalan ini.

Troubleshooting Safe Mode Dengan Windows 10 dan 8.1

1. Nah lain lagi jika kamu menggunakan Windows 10 atau 8.1. Kamu mungkin mempunyai beberapa opsi lain untuk melakukan booting ke Safe Mode. Pada Windows 10, klik tombol Start> Settings> Update & security> Recovery. Di bagian Startup Lanjutan, klik tombol untuk Restart.

Pada Windows 8.1, operasikan bar Charms, lantas klik pada menu Settings> Change PC Settings> Update & recovery> Recovery. Di bagian Startup Lanjutan, klik tombol untuk Mulai lagi sekarang. Di bawah Advanced startup, klik pada tombol untuk “Restart sekarang.”

2. Pada layar “Choose an option”, klik pada tombol Troubleshoot.

3. Pada layar Troubleshoot, klik pada tombol Advanced options.

4. Pada layar pilihan Advanced, klik pada tombol Startup Settings.

5. Pada layar Startup Settings, klik pada tombol Restart.

6. Pada layar Startup Settings berikutnya, tekan salah satu tombol berasal dari 1 hingga 9 untuk pilih tipe startup tertentu, jika 1 to Enable debugging, 4 to Enable Safe Mode, atau 5 to Enable Safe Mode with Networking. Kemudian klik pada tombol Restart. Setelah itu PC akan di-reboot bersama dengan tipe startup yang dipilih. Kamu saat ini dapat sekali lagi mencoba untuk mereproduksi persoalan yang dialami di Windows untuk lihat apakah dapat mengatasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *