Penyebab Laptop dan PC Sering Panas

PC atau laptop jangan pernah diletakkan di atas kasur karena memicu overheat

PC atau laptop jangan pernah diletakkan di atas kasur karena memicu overheat

Berita Teknologi – Pernah bertanya-tanya mengapa laptop atau PC komputer kamu mudah sekali menjadi panas? Sebenarnya, percaya atau tidak namun laptop jauh lebih mudah menjadi panas dari pada komputer. Dimana, faktanya pula, komputer memiliki sebuah sistem pendinginan tersendiri yang menjaga suhu di dalam PC poker online terpercaya. Sebaliknya, kmputer hanya memiliki sebuah sistem pendingan yang berupa fans atau kipas. Yang seringnya tak cukup mumpuni untuk menjaga suhu mesin di dalam laptop.

Karena itu, jangan heran bila pada akhirnya laptop yang kamu miliki dan gunakan saat ini jauh lebih mudah menjadi panas dari pada komputer. Namun selain alasan tak adanya sistem pendinginan yang mumpuni, laptop pun sering kali menjadi panas karena beberapa alasan lain. Yang akan kami beberkan dalam daftar di bah ini.

1. Menggunakan Laptop di Atas Kasur

Hal yang paling mampu membawa dampak dari laptop overheat adalah saat kamu memainkannya di atas kasur atau bantal, atau alas yang tidak mengimbuhkan area untuk fan mengeluarkan hawa panas. Maka dari itu, sirkulasi hawa pada laptop kelanjutannya tidak lancar dan laptop merasa memanas.

Tidak lancarnya pergantian udara di laptop ini bisa berakhir parah, yang pada akhirnya menjadikan sistem pendinginan pada laptop, yang tidak seberapa tadi, menjadi memanas. Ya, sesuatu yang akhirnya berfungsi untuk mendinginkan ini pun tak lagi bekerja karena tak adanya sirkulasi udara yang pas untuk laptop.

Masalah ini bila dibiarkan lebih jauh tak hanya bisa membuat laptop memanas namun juga bisa merusak kondisi laptop.

2. Kipas Laptop Sangat Kotor

Faktor utama pada penyebab laptop overheat lainnya adalah kipas laptop yang sangat kotor. Hal ini kebanyakan dirasakan oleh para pengguna laptop yang malas bersih-bersih. Jadi, kipas tertutup oleh banyaknya debu dan memperlambat kinerja dari sistem pendingin laptop itu sendiri.

Membersihkan kipas laptop memang tak semudah membersihkan kipas pada PC yang biasa ada di sistem pendinginan. Namun sebaiknya memang kipas laptop dibersihkan dalam beberapa waktu sekali untuk menjaga agar tak ada debu yang menghambar perputaran dari laptop ini sendiri.

3. Kipas PC atau Laptop Mati

Hal lainnya yang kerap berlangsung dan tidak disadari oleh pengguna adalah kipas pada laptop itu mati. Tentu saja ini dapat membawa dampak laptop jadi overheat dan bahkan saking panasnya kamu mampu manfaatkan untuk memasak air. Karena dari itu, memastikan kipas pada laptop tetap bekerja untuk mencegah laptop yang menjadi terlalu panas.

Itu dia sebagian aspek penyebab terjadinya laptop overheat. Lantas, apa yang perlu dilaksanakan untuk menghindari terjadinya laptop panas?

Di bawah ini, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi pemanasan pada PC atau laptop ini, sekaligus untuk membuat laptop tidak terlalu panas.

1. Pakai Vacuum Cooler

Brader, kerap kali kamu meremehkan keliru satu aksesories tambahan pendingin laptop yang sebenarnya mempunyai harga nan murah. Maka dari itu, alangkah baiknya kamu membeli deh vacuum cooler. Harga vacuum cooler sendiri berkisar merasa Rp64.000 lho. Dengan harga semurah itu, laptop kamu jadi lebih awet deh.

Vacuum cooler menjadikan laptop lebih terjaga suhunya. Yang berarti, tak akan terasa panas lagi. Selain itu juga menggunakan pendingin tambahan ini pun mudah, dan sangat mungkin untuk dilakukan.

2. Pasangkan Cooling Pad

Buat kamu yang senang bermain laptop di atas kasur, memasangkan cooling pad sebagai alas laptop mampu jadi jawaban yang baik untuk itu. Sebab bersama dengan begitu, area ventilasi selalu mampu mengalir secara baik dan kipas di didalam laptop selalu mampu mengeluarkan hawa panas tanpa hambatan. Baiknya lagi, kamu pasangkan cooling pad dan vacuum cooler secara bersamaan.

Cooling pad memang tak bisa bekerja semaksimal vacum cooler namun tetap saja sebaiknya tak bisa begitu saja ditinggalkan.

3. Periksa Thermal Paste

Salah satu perihal yang perlu kamu laksanakan adalah kamu perlu memeriksa thermal paste pada prosesor. Biasanya sebab sudah dipakai dalam waktu lama, thermal paste itu sudah mengering. Padahal, thermal paste itu lah yang berguna menghantarkan panas keluar. Makanya, periksakan itu secara teratur ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *